Secara istilah, reservasi merujuk pada pengaturan atau pemesanan, yang menjadi bagian penting dalam bisnis hospitality seperti restoran.
Sistem reservasi memungkinkan karyawanmu untuk mengelola pesanan pelanggan secara lebih teratur.
Jika bisnismu menawarkan produk atau layanan yang selalu diminati pelanggan, menyediakan fasilitas reservasi bukan lagi jadi pilihan, melainkan kebutuhan.
Kabar baiknya, kini Youtap POS telah menyediakan fitur Tagihan Reservasi yang mempermudah pengelolaan pemesanan.
Namun, sebelum mulai menggunakannya, penting untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana cara kerja reservasi, jenis-jenis, serta manfaatnya bagi bisnismu.
Mari, simak pembahasan lengkapnya melalui artikel ini, Teman Youtap.
Reservasi atau reserve berarti menyimpan sesuatu untuk tujuan atau waktu tertentu.
Menurut KBBI, reservasi didefinisikan sebagai pengaturan atau pemesanan tiket, meja, kamar hotel, dan sebagainya, untuk digunakan oleh seseorang pada waktu tertentu.
Secara sederhana, reservasi adalah tindakan pemesanan layanan, tiket, atau ruang yang dilakukan pelanggan untuk memastikan pemakaiannya di masa mendatang.
Sistem ini digunakan agar pelanggan dapat menjamin ketersediaan tempat atau layanan sesuai dengan waktu yang mereka butuhkan atau inginkan.
Banyak pengelola usaha yang sering menganggap bahwa reservasi dan booking adalah hal yang sama.
Padahal, keduanya memiliki perbedaan, loh, Teman Youtap.
Reservasi adalah proses di mana pelanggan dapat memesan tempat atau layanan untuk digunakan di masa mendatang tanpa harus membayar penuh di awal.
Biasanya, pelanggan hanya perlu membayar sejumlah uang muka (down payment) untuk mengamankan pesanan tersebut.
Sementara itu, booking mengharuskan pelanggan membayar seluruh biaya produk atau layanan di awal (prepay) sebagai jaminan penggunaannya di masa depan.
BACA JUGA: Apa Itu Split Bill? Ini Definisi, Asal Mula, Keuntungan, dan Caranya
Sistem reservasi menawarkan banyak manfaat bagi bisnis dan konsumen.
Tak hanya memberi kemudahan dalam proses pemesanan, kamu juga dapat menaikkan potensi pendapatan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.
Simak berbagai keuntungan reservasi di bawah ini:
Studi bertajuk Worth the wait? How Restaurant Waiting Time Influences Customer Behavior and Revenue yang dipublikasikan melalui platform jurnal ilmiah
ScienceDirect menemukan bahwa, dengan mempersingkat waktu antrean, sebuah restoran dapat meningkatkan pendapatan hingga hampir 15%.
Salah satu cara untuk memperpendek nomor dan waktu antrean adalah dengan sistem reservasi.
Jadi, pelanggan dapat langsung datang ke toko atau restoranmu sesuai jam yang sudah dipesan sebelumnya.
Data reservasi yang masuk memberikan gambaran kebutuhan sumber daya, seperti barang, bahan baku, atau tenaga kerja.
Misalnya, saat libur Natal dan tahun baru, restoran keluarga biasanya mengalami lonjakan jumlah pengunjung.
Dengan menyediakan sistem reservasi, kamu dapat memperkirakan stok dan bahan baku yang perlu disiapkan agar mampu memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih optimal.
Oh ya, kamu dapat mengatur Manajemen Produk, Manajemen Stok, dan Bahan Baku melalui Youtap Pos, ya.
Sistem reservasi berfungsi sebagai panduan bagi kamu atau manajer bisnis untuk mengidentifikasi waktu-waktu sibuk, baik di hari maupun jam tertentu.
Dari informasi ini, kamu dapat menyesuaikan jadwal kerja karyawan agar sesuai dengan kebutuhan operasional.
Contohnya, saat terjadi lonjakan pemesanan pada jam-jam tertentu, hingga 90% dari total karyawan dapat dijadwalkan untuk bekerja di waktu tersebut.
Dalam situasi ini, tidak hanya waiter yang perlu ditingkatkan jumlahnya, tetapi juga bagian kasir yang mungkin memerlukan lebih dari satu staf.
Pengaturan Karyawan yang tepat juga membantu memastikan proses transaksi tetap transparan dan berjalan lancar, meskipun pada jam sibuk.
BACA JUGA: Nomor Urut Pesanan Youtap Bikin Antrean Lebih Rapi dan Singkat
Adanya sistem reservasi akan memudahkan pelanggan untuk memesan produk atau layananmu selama 24/7, alias tak terbatas pada jam operasional regular.
Sehingga, pelanggan akan merasa lebih nyaman dan fleksibel.
Hal ini memberi banyak kemudahan bagi pelanggan, khususnya dengan kriteria seperti:
Di era digital saat ini, bisnis yang menyediakan sistem reservasi cenderung lebih unggul dibanding bisnis yang masih konvensional.
Pasalnya, pelanggan lebih memilih bisnis yang menawarkan pengalaman reservasi yang mudah, cepat, dan modern.
Sebagai contoh, hotel dengan sistem reservasi online sering menjadi pilihan utama wisatawan dibandingkan hotel yang hanya menerima reservasi melalui telepon.
Hal ini sejalan dengan data dari STAY, yakni aplikasi hotelier asal Madrid, yang menyebutkan bahwa 47% tamu hotel lebih memilih memesan layanan kamar jika hotel memiliki opsi reservasi melalui aplikasi.
Yuk, layani pelanggan tanpa terbatas jarak dan waktu.
Sebab, ini menjadi kesempatan bagimu untuk membuka peluang ekspansi bisnis.
Sebagai hasilnya, bisnismu dapat dikenal tidak hanya dalam ruang lingkup lokal, tetapi juga di tingkat nasional, bahkan internasional.
Masih menyadur dari STAY, di tahun 2023, sebanyak 93% pelaku bisnis perhotelan telah merasakan efisiensi yang signifikan berkat reservasi online melalui aplikasi.
Hadirnya layanan digital ini dapat menekan biaya operasional.
Sehingga, karyawan dapat bekerja dengan lebih optimal.
Tak hanya itu, risiko kesalahan pun bisa berkurang.
BACA JUGA: Peran Sistem POS Meningkatkan Efisiensi Operasional Restoran
Sistem reservasi digital dirancang untuk mencatat dan mengelola data secara otomatis.
Jadi, potensi kesalahan akibat kelalaian karyawan, seperti salah memasukkan jadwal atau informasi pelanggan, dapat ditekan seminimal mungkin.
Hal ini dapat membuat arsip data semakin terorganisir, dan layanan menjadi lebih efisien dan serta profesional.
Membangun hubungan baik dengan pelanggan dimulai dari merapikan dan mengolah data yang ada.
Dengan sistem reservasi, bisnismu dapat mengumpulkan informasi penting seperti nama pelanggan, latar belakang, pola pemesanan, preferensi, hingga kontak berupa email dan nomor HP.
Dari data ini, kamu bisa merancang strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran sekaligus meningkatkan efektivitas penargetan pelanggan.
Menurut blog Zenchef, sebuah platform teknologi restoran visioner asal Prancis, restoran Maison de la Truffe et du Vin du Lubéron berhasil memangkas tingkat ketidakhadiran hingga 0% setelah menerapkan reservasi online.
Hasilnya, tingkat kedatangan meningkat, dan omzet bertambah hingga 20%.
Contoh ini menunjukkan bahwa sistem reservasi efektif dalam mengurangi ketidakhadiran pelanggan, terutama jika bisnismu menerapkan kebijakan pembayaran down payment saat reservasi.
Uang muka ini berfungsi sebagai komitmen pelanggan untuk hadir pada waktu yang telah mereka tentukan.
Dengan demikian, risiko kerugian akibat ketidakhadiran dapat diminimalisir, dan pendapatan bisnismu pun berpotensi meningkat secara signifikan.
BACA JUGA: Youtap POS, Aplikasi Kasir untuk Restoran Punya Fitur Terlengkap
Setelah pemesanan dibuat, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kepastian.
Kamu dapat mendesain sistem reservasi untuk langsung mengirimkan konfirmasi pemesanan melalui email atau notifikasi aplikasi, lengkap dengan detail pesanan.
Selain itu, mintalah tim-mu untuk merancang fitur pengingat otomatis.
Tujuannya supaya pelanggan tetap ingat jadwal yang sudah mereka pesan sebelumnya.
Sebelum pelanggan melakukan reservasi, pastikan tim di bisnismu selalu menginformasikan segala syarat dan ketentuan yang berlaku.
Baik itu yang berkaitan dengan peraturan makan, harga, jadwal ketersediaan, pemilihan menu, metode pembayaran, refund, dan lain sebagainya.
Transparansi ini memberikan kepercayaan lebih kepada pelanggan.
Pelanggan dapat menikmati layanan yang sesuai dengan preferensi mereka.
Sebagai contoh, ada beberapa platform khusus reservasi yang mengingatkan pilihan favorit atau memberikan rekomendasi yang relevan berdasarkan pemesanan sebelumnya.
Pengalaman yang dipersonalisasi ini membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan diperhatikan.
BACA JUGA: Bagaimana Sistem POS Mempermudah Manajemen Inventaris?
Say no untuk antrean yang mengular!
Dengan adanya pemesanan di muka, pelanggan dapat langsung dilayani sesuai jadwal tanpa perlu menghabiskan waktu untuk menunggu.
Hal ini juga akan menguntungkan bisnis, sebab kamu dapat menghindari penumpukkan antrean.
Sistem ini akan sangat bermanfaat jika digunakan di tempat ramai seperti restoran atau klinik.
Di satu sisi, kamu perlu membuat SOP pada pelanggan terkait sistem reservasi.
Namun di sisi lain, sebaiknya berikan ruang pada pelanggan untuk tetap memegang kendali atas pesanan mereka.
Misalnya seperti mengubah waktu, memilih layanan tambahan, atau bahkan membatalkan pesanan secara online.
Hadirnya cashless society membuat bisnis perlu terus beradaptasi terhadap proses pembayaran.
Jadi, pastikan agar bisnismu menyediakan payment process yang sudah terintegrasi dengan bank dan e-wallet, terutama melalui QRIS dari metode CPM maupun MPM.
Layanan ini bisa kamu dapatkan dari payment integration services Youtap Solution.
Berdasarkan caranya, ada 3 macam resevasi yang dapat dilakukan pelanggan, yaitu:
Reservasi online identik dengan pengaturan jadwal secara online, baik melalui website, mobile apps, atau media sosial seperti WhatsApp.
Jenis ini cenderung lebih banyak diminati pelanggan, terutama jika bisnismu bergerak di bidang transportasi, akomodasi, dan restoran.
Ada beberapa kelompok dan generasi yang prefer untuk melakukan reservasi langsung dengan langsung datang ke lokasi terkait.
Umumnya, reservasi langsung dilakukan oleh pelanggan yang sedang mencari room service.
Misalnya tempat meeting dan venue.
Pihak ketiga yang bisa membantu pelanggan untuk melakukan reservasi adalah agen atau mitra dari bisnismu.
Dalam istilah marketing modern, reservasi ini identik dengan referral marketing.
Nantinya, kamu dapat memberikan komisi pada agen yang berhasil melakukan closing.
Layanan yang menyediakan reservasi tak jauh dari bidang pariwisata (hospitality) dan kesehatan. Berikut list beserta penjelasannya:
BACA JUGA: Alat Pembayaran Terbaik untuk Toko Online
Dalam dunia layanan dan jasa, reservasi dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat jaminan yang diberikan oleh pelanggan.
Berikut adalah dua jenis utama reservasi berdasarkan jaminannya:
Reservasi bergaransi adalah pemesanan di mana pelanggan memberikan jaminan melalui metode tertentu, yang bertujuan untuk meminimalisir kerugian akibat keterlambatan atau no show (tidak hadir tanpa pemberitahuan).
Sebuah reservasi dapat dikatakan bergaransi jika terdapat jaminan berupa:
Ini adalah situasi di mana pelanggan mengunci pemesanan dengan cara membayar penuh untuk layanan sebelum digunakan.
Untuk meminimalisir kerugian, beberapa aplikasi pemesanan biasanya menyediakan opsi refundable, di mana pelanggan dapat membatalkan pesanan dengan pengembalian uang secara penuh atau sesuai potongan, tergantung kebijakan penyedia layanan.
Pelanggan juga dapat menggunakan kartu kredit sebagai jaminan.
Saat melakukan reservasi, kamu atau tim di lokasi pelayanan bisa menanyakan nama, jenis, dan nomor kartu kredit pelanggan.
Bagi sebagian pelanggan, advanced deposit mungkin merupakan bentuk jaminan yang paling familiar.
Advanced deposit adalah sistem jaminan di mana pelanggan membayar sebagian biaya layanan sebagai tanda komitmen, misalnya untuk reservasi venue pernikahan.
Reservasi ini dilakukan berdasarkan perjanjian antara perusahaan dan penyedia layanan.
Meskipun mirip dengan advance deposit, kontrak kesepakatan dalam reservasi jenis ini lebih merujuk pada pemesanan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menggunakan sejumlah layanan.
Sebagai contoh, perusahaan membayar sebagian dari total biaya pemesanan hotel untuk karyawannya sebelum kedatangan.
Dalam hal ini, pihak ketiga (seperti agen perjalanan atau platform) memberikan jaminan kepada penyedia layanan (hotel, restoran, dll.) atas pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan.
Alat jaminannya biasanya berupa voucher yang telah dibayarkan sebelumnya kepada pihak ketiga.
Reservasi tidak bergaransi adalah pemesanan di mana pelanggan tidak memberikan jaminan apapun dan layanan hanya disiapkan hingga waktu tertentu.
Jika pelanggan tidak hadir tanpa pemberitahuan, maka kamu sebagai penyedia layanan dapat membatalkan reservasi tanpa penalti.
Jenis ini sering digunakan untuk layanan yang fleksibel, seperti memesan restoran tanpa down payment.
Di era digital ini, banyak pengelola usaha yang menyediakan fitur reservasi online melalui WhatsApp, aplikasi di smartphone, dan website landing page.
Kedua media ini dianggap lebih efektif, sebab pelanggan dapat melakukan reservasi kapan pun dan di manapun.
Tertarik untuk melakukan hal yang sama?
Yuk, coba Amati, Tiru, dan Modifikasi sistem reservasi yang disediakan oleh beberapa bisnis di bawah ini:
Reservasi memang menjadi salah satu alat penting untuk meningkatkan keuntungan bisnis.
Agar sistem reservasi berjalan optimal, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:
Pilih platform reservasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.
Untuk bisnis dengan skala mikro dan kecil, membuka reservasi melalui telepon atau chat WhatsApp sudah cukup praktis dan efisien.
Namun, jika bisnismu telah berkembang ke skala menengah atau besar, kamu perlu mengalokasikan budget guna membuat sistem reservasi yang lebih profesional, seperti mobile apps atau website.
Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan sekaligus mempermudah pengelolaan reservasi dalam jumlah besar.
Pastikan pelanggan memahami aturan reservasi, seperti batas waktu pembatalan, biaya tambahan, atau ketentuan pengembalian dana.
Memahami aturan ini membantu pelanggan merasa lebih nyaman saat melakukan reservasi, sekaligus meminimalkan kesalahpahaman yang dapat merugikan bisnismu.
Dengan demikian, kepercayaan pelanggan terhadap layananmu akan tetap terjaga.
Pastikan data reservasi selalu akurat dan update.
Ketidaktepatan dalam jadwal atau kesalahan informasi pelanggan bukan hanya mengganggu operasional, tetapi juga dapat merugikan bisnismu, baik dalam hal reputasi maupun finansial.
Tak hanya teknologinya, peran sumber daya manusia juga menjadi kunci penting dalam menghandle reservasi pelanggan.
Pastikan karyawanmu selalu terlatih untuk responsif menjawab pertanyaan dan menangani keluhan pelanggan dengan profesionalisme, ya.
Kelola kapasitas bisnismu dengan efisien untuk menghindari overbooking atau pemborosan sumber daya.
Gunakan data historis untuk memprediksi permintaan pelanggan sebelumnya.
Bingung bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan fitur Laporan Transaksi di Youtap POS.
Fitur ini memudahkanmu untuk memantau tren penjualan dan mengecek produk terlaris yang diminati pelanggan.
Alhasil, kamu dapat merencanakan strategi inovasi atau marketing di masa mendatang dengan lebih terarah.
BACA JUGA: 5 Hal yang Wajib Ada Pada Akun Media Sosial Bisnis Agar Menarik Banyak Pembeli
Teman Youtap, mari tutup pembahasan artikel ini dengan mengenal beberapa istilah lain yang erat kaitannya dengan reservasi. Cek istilahnya di bawah ini ya!
Bagaimana, apakah artikel ini cukup membantumu untuk memahami segala hal mengenai reservasi? Semoga bermanfaat ya, Teman Youtap.
Jika kamu ingin reservasi di restoran, kafe, atau bisnis lainnya milikmu berjalan dengan efektif, Youtap Pos siap membantumu.
Selain fitur Tagihan dan Reservasi, masih terdapat puluhan fitur Youtap POS lainnya yang akan memudahkan operasional bisnismu.
Tertarik untuk mencoba semua fitur lengkap Youtap POS? Kamu bisa mencobanya melalui Free Trial selama 7 hari, lho.