Split bill kerap menjadi perbincangan hangat di kalangan anak muda, terlebih bagi millenial dan gen z yang hobi makan di kafe atau restoran.
Di satu sisi, ada pihak yang mengatakan bahwa split bill adalah praktik yang tidak etis, terutama jika dilakukan oleh pasangan.
Di sisi lain, split bill justru menjadi suatu hal yang lumrah di sebuah kelompok pertemanan.
Dinamika perilaku konsumen seperti ini perlu menjadi perhatian penting bagi pelaku usaha, khususnya di dunia F&B.
Tujuannya supaya para pelaku usaha dapat menyediakan fasilitas yang dibutuhkan konsumen.
Maka dari itu, Youtap telah menguraikan pembahasan lengkap mengenai split bill di artikel ini.
Yuk, simak pembahasannya hingga akhir!
Split artinya pisah atau memisahkan, sedangkan bill adalah tagihan.
Dengan demikian, arti split bill ialah memisahkan tagihan.
Dalam makna yang lebih luas, split bill adalah proses membagi biaya atau tagihan di antara beberapa pihak berdasarkan penggunaan masing-masing.
Praktik ini sering ditemukan di kafe, restoran, dan rumah makan yang menerapkan sistem open bill.
BACA JUGA: Fitur Penting yang Harus Dimiliki oleh Sistem POS Modern
Open bill adalah sebuah konsep di mana pelanggan dapat memesan dan menambah pesanan secara bertahap tanpa harus langsung membayar di awal.
Pembayaran atau pelunasan tagihan dapat dilakukan di akhir, ketika pelanggan hendak menyelesaikan dine-in.
Seperti penjelasannya sebelumnya, sistem ini biasanya diterapkan di lokasi usaha food and beverage.
Lalu, apa hubungannya dengan split bill?
Jadi, open bill dapat mengakumulasi semua tagihan pelanggan selama berada di kafe, restoran, atau warung makan milikmu.
Setelah selesai, pelanggan yang datang dengan rekan-rekannya dapat memilih opsi split bill, yaitu hanya membayar hidangan yang dipesan tiap individu.
Kedua sistem ini memberi fleksibilitas bagi pelanggan untuk memesan lebih banyak tanpa terburu-buru, sehingga mereka dapat menikmati hidangan yang ada.
BACA JUGA: Terima Orderan Berkali-Kali dengan Fitur Open Bill Youtap POS
Pada dasarnya, tak ada teori khusus yang menjelaskan tentang awal mula kemunculan split bill.
Namun, melansir dari berbagai sumber, tradisi split bill sudah hadir di Amerika sejak tahun 1960-an.
Pada masa tersebut, Amerika cenderung didominasi oleh laki-laki yang selalu mengandalkan para perempuan untuk membayar makanan mereka.
Demi mengatasi hal ini, hadirlah konsep split bill sebagai metode pecah tagihan, supaya semua pihak tetap merasa diperlakukan dengan adil.
Seiring berjalannya waktu, split bill akhirnya menyebar ke berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.
BACA JUGA: Rahasia Bisnis Pecel Ayam Laris: Inovasi Rasa dan Pelayanan
Pelanggan biasanya akan menghadapi situasi split bill saat makan bersama teman atau sahabat, menghadiri acara grup, dan berlibur dengan rekan kantor.
Mengapa memilih split bill? Karena ada beberapa keuntungan yang umumnya dirasakan oleh pelanggan, seperti berikut:
Melalui split bill, setiap individu hanya perlu membayar sesuai dengan pesanannya sendiri.
Cara ini memberikan rasa adil bagi pelanggan, terutama saat ada perbedaan signifikan dalam jumlah atau harga pesanan di dalam kelompoknya.
Dengan membagi tagihan, pelanggan tidak perlu merasa terbebani untuk menanggung biaya orang lain.
Sebab, pembayaran tunggal dapat menjadi beban berat jika harus ditanggung oleh satu individu saja.
BACA JUGA: Arti Reservasi: Fungsi, Jenis, Tips Mengelola, dan Bedanya dengan Booking
Split bill juga berdampak pada kondisi keuangan seseorang.
Dengan sistem ini, pelanggan dapat memesan sesuai anggaran tanpa khawatir membayar lebih dari yang seharusnya.
Cara ini membantu pelanggan menjaga stabilitas keuangan dengan lebih baik.
Dalam situasi makan bersama, perdebatan tentang pembagian biaya seringkali menjadi hal yang canggung.
Terlebih jika lokasinya merupakan kafe atau restoran yang memiliki service charge dan service tax.
Dengan split bill, pelanggan dapat menghindari ketidaknyamanan ini karena pembagian sudah diatur dengan jelas sejak awal.
BACA JUGA: Peran Sistem POS Meningkatkan Efisiensi Operasional Restoran
Tak hanya bagi customer, sebagai pelaku usaha, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat jika menyediakan fasilitas split bill, yaitu:
Opsi split bill dari mesin kasir dapat membuat pelanggan merasa lebih nyaman.
Pasalnya, mereka tidak perlu repot menghitung pembagian biaya secara manual.
Pengalaman positif ini meningkatkan peluang mereka untuk kembali ke kafe atau restoranmu di masa mendatang.
Fitur split bill bisa menjadi daya tarik bagi generasi milenial dan Gen Z yang sering datang berkelompok dan berbagi tagihan.
Dengan demikian, kamu dapat menjadikan mereka segmen baru dalam bisnismu.
Namun, pastikan hal ini didukung oleh menu atau produk berkualitas yang sesuai dengan preferensi mereka.
Sistem split bill yang terintegrasi dengan perangkat Youtap POS mempermudah staf kasir dalam memproses pembayaran.
Dengan fitur ini, pembayaran dapat dipecah secara otomatis berdasarkan pesanan individu.
Selain lebih cepat, hal inipun mampu mengurangi risiko kesalahan perhitungan.
Setelah hidangan yang lezat dan pelayanan yang ramah, fasilitas split bill pun dapat mendorong pelanggan untuk datang bersama kelompoknya, lho.
Alhasil, jumlah pesanan total akan meningkat, dan pendapatan bisnismu jadi bertambah.
Menyediakan opsi split bill menunjukkan bahwa bisnis kamu peka terhadap kebutuhan pelanggan modern.
Bisnismu akan dicap sebagai tempat yang inovatif dan ramah pelanggan.
BACA JUGA: Apa Itu Cashless Society dan Keuntungan Menggunakan Sistem Pembayaran Tersebut?
Terdapat beberapa cara untuk menghitung split bill, antara lain:
Dalam satu kelompok pelanggan, biasanya akan ada 1 orang yang mengurus pisah tagihan.
Karena manual, penghitungan ini cenderung memakan waktu lebih lama.
Selain itu, penghitungannya pun kurang akurat.
Berikut cara hitung pisah tagihan manual:
BACA JUGA: Pentingnya Penggunaan Aplikasi Kasir Restoran untuk Meningkatkan Pelayanan Bisnis
Sebagai pelaku usaha, kamu juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa aplikasi yang cukup membantu untuk memisahkan tagihan. Berikut beberapa contoh aplikasinya:
BACA JUGA: Optimalkan Bisnis dengan Fitur Laporan Transaksi Youtap POS
Meskipun saat ini banyak aplikasi yang memudahkan pelanggan untuk split bill, mereka akan merasa lebih terbantu jika fitur ini tersedia langsung di mesin kasir.
Beruntungnya, kini tersedia fitur Buat dan Pisah Tagihan pada Youtap POS.
Bagi kamu yang ingin menikmati fitur ini, pastikan untuk mengikuti langkah beriktu:
Sebagai pengelola bisnis, kamu akan mendapat berbagai kemudahan dari fitur Split Bill Youtap POS ini, antara lain:
Split bill menjadi solusi praktis yang memudahkan pelanggan dalam bertransaksi di kafe atau restoran.
Maka dari itu, adanya fitur split bill di kasir dapat menjadi keunggulan yang membedakan bisnismu dari kompetitor.
Segera pakai Youtap POS agar seluruh pengelolaan kegiatan operasional bisnis jadi lebih efektif dan juga efisien.
Kamu dapat mencoba fitur Split Bill dan berbagai fitur Youtap POS bermanfaat lainnya melalui FREE TRIAL 7 HARI.
Yuk, daftar sekarang!